Kamis, 28 Februari 2013

Terbelenggu Pesonamu



"ce,anterin aku ke toko perhiasan", sore itu Olive membangunkanku yang ketiduran disova. setengah sadar dan tidak akupun terbangun, sambil ucek-ucek mata

"iya, bentar aku cuci muka dulu", kataku sambil beranjak ke kamar mandi, ambil jaket dan berangkatlah kami

sepanjang perjalanan Olive hatinya bermekaran bak bunga ditaman dengan segala keindahan warnanya lengkap dengan kupu-kupu disana, menceritakan maksudnya untuk mengukur jari manisnya, katanya ada seseorang yang selama ini dia cintai menanyakan ukuran cicinnya, dia akan menikahinya. dia menceritakan bagaiman dia bisa bertemu dengan pujaannya, lelaki yang dikenalnya di facebook, dia jatuh cinta pada pandangan pertama, wajahnya yang sendu, dingin, tidak asing baginya, dia sering menjumpainya didalam mimpi, sebelum bertemu dan berkenalan dengannya, dia yakin lelaki itu adalah jodohnya, diapun yakin lelaki itu pun mencintai dan menyayangi dia.

"liv, apa kamu pernah bertemu dengannya?", kataku menyela cerita dia yang kulihat wajahnya berseri-seri bahagia, aku belum pernah melihatnya seperti ini , selama ini dia selalu menutup diri tentang kehidupan asmaranya, ingin aku menasehatinya namun aku takut dia tersinggung, semoga berita ini benar dan  kabar gembira buatku

"belum ce, tapi aku yakin dia jodohku dan cinta sejatiku, aku mencintainya, menyayanginya setulus hati walaupun selama ini aku tidak pernah bertemu hanya berhubungan lewat facebook, sms, dan telepon, dia juga tulus mencintaiku, tapi sebelum aku bertemu denganya di fb aku sudah sering memimpikannya, makanya aku yakin Tuhan mempertemukanku dengannya difb" lanjut dia, senyum lebar selalu menghiasi bibirnya, betapa bahagianya dia

dia melanjutkan cerita tentang pujaan hatinya yang sudah mempesonya, dalam hati aku berpikir bagaimana bisa? jangan- jangan dia hanya mempermainkan olive, selama ini olive berharap cepat bertemu jodohnya, bukankah didunia maya orang bisa menjadi siapa saja, berperan apa saja, bukannkah dunia maya bak panggung sandiwara? apa yang tidak bisa dilakukan didunia bisa saka dilakukan di dumay? beribu pertanyaan memenuhi otakku, namun aku tidak sampai hati menyampaikannya,dia sudah dewasa harusnya dia tahu itu. Kalo menurut olive sih dia banyak disukai cewek-cewek tapi lelaki itu hanya mencintainya.aku hanya diam saja mendengar ceritanya, setelah semua urusan beres  barulah kami pulang.

hari-hari berlalu kulihat olive nampak gembira, ceria, mungkin diotaknya sekarang dipenuhi khayalan-khayalan ,mimpi-mimpinya bersanding dengannya, seperti biasa dia online sampai larut pagi dengan pujaannya. syukurlah kalo dia sudah menemukan dambaan hatinya, ternyata dunia maya mampu mengubah prilaku seseorang tanpa disadarinya,

suatu hari dia kulihat wajahnya muram, bersedih, sesekali kulihat dia menyeka airmatanya, aku sebenarnya ingin bertanya , tapi kuurungkan niatku, aku tunggu sampai dia mau bercerita sendiri, barulah malam hariket menjelang tidur kulihat dia rebahan, tak seperti biasanya selalu on line  walaupun dia hanya menggunakan hape, dia memanggilku, aku sibuk membersihkan wajahku didepan kaca, aku emnyahutnya dengan guman kecil,

"ce, ternyata selama ini dia hanya mempermainkanku, cintaku bertepuk sebelah tangan, aku bagai pungguk merindukan bulan, dia bohong semua tentang perasaannya, selama ini aku selalu menemaninya ol, aku tidak meminta imbalan apa-apa, ternyata selama ini pula aku dijadikan permainannya, bahan ledekan  teman-temannya juga, aku tahu, banyak yang suka sama dia tapi tak seharusnya dia memperlakukan aku seperti ini, tak mengucapkan kata-kata kasar, memfitnahku, memhinaku, menjelekkanku , melecehkanku didepan teman-temannya", dia berlinang airmata , sembab, airmatanya tak mau berhenti mengalir, musnah sudah semua impiannya, kuulurkan tissue sambil mendengar ceritanya

Diana Olivia Toreh, nama lengkapnya, aku biasa memanggilnya Olive, cantik mata sipitnya membuatnya unik beberapa hari ini sepertinya dia tidak bersemangat, kucoba menghiburnya tapi  diam saja, nggak ada senyum, celoteh dia yang riang sudah tak lagi menghias bibirnya, padahal dia orangnya enerjik, ceria, selalu tertawa dan senyum, konyol, teman yang menyenagkan, sepertinya tak ada yang kurang dalam dirinya, pinter, lincah, sedikit tomboy., itulah dunia maya, sanggup juga membuat sesorang bersedih. hancur berkeping-keping. dia sudah tidak percaya lagi dengan siapapun baik didumay ataupun dikehidupan nyata. hatinya terluka, aku mengenal betul watak oliv, jika hanya biasa-biasa saja dia hanya menganggap sebagai angin lalu, orangnya baik, selalu percaya sama orang, nggak pernah negative thinking, peduli sesama, sosok yang menarik dan hangat orangnya, cinta yang diharapkannya ternyata hanya semu, tak dipungkiri banyak laki-laki yang suka padanya, entah mengapa dia selalu menjawab belum "klik" dihati

lagu lilin putih evi tamala menambah kepedihan hatinya, betapa dia menghayati betul, meskipun dia menyembunyikan kesedihan dariku namun setiap dia mendengarkan lagu itu dia menangis, aku rasa lagu-lagu evi pas untuknya saat ini


lilin-lilin putih berikan terangmu
lilin-lliin putih katakan padanya

sepi sendiri dimalam ini
tiada kasih yang menemani

lilin-lilin putih katakan padanya
lilin - lilin putih kumerindukannya
lilin-lilin putih temanilah aku

cerita cintaku dia telah tau
derita hatiku dia juga tau
siapa diriku diapun telah tau
bagaimana aku semuanya dia tau

denganmu lilin putih
terangilah aku malam ini



" Tuhan membuka pintu hatiku untuk mencintainya, tapi kini atas ijin Tuhan aku menutup pintu hatiku untuk siapapun ", itulah kata-kata pagi ini yang dia katakan padaku, hatinay perih, remuk redam matanya menerawang jauh, angannyapun terbang entah kemana, kekecewaan terlihat jelas dimatanya, begitu jelas dia begitu tulus mencintai menyayangi, mengasihinya,kerinduannya menurutnya dia baru kali ini mencintai seseorang dengan begitu tulus ,dumay lebih kejam dari dunia nyata.dumay telah merubahnya menjadi orang yang cenderung diam, putus asa akan cinta, kadang dia bertanya apakah dia berhak dicintai?apakah dia berhak akan cinta sejatinya? banyak pelajarn yang dipetik dari dumay,
aku hanya diam termangu mendengarkan semua ceritanya, kupeluk dia sambil berkata:

" sudahlah jangan bersedih semua ada hikmahnya itu tandanya Tuhan sayang sama kamu, suatu hari Tuhan pasti mengirim yang terbaik untukmu, semua akan indah pada waktunya, semua orang tak tau rahasia apa sebenarnya yang disembunyikan Tuhan, jika Tuhan berkendak kapanpun jodoh itu akan tiba",


kulihat senyumnya yang sudah lama dia simpan, dia juga bercerita akan tetap melanjutkan hidup dengan atau tanpa cinta, syukurlah dia mulai bangkit dan percaya dirinya tumbuh kembali, ada sesuatu yang berbeda dia sudah jarang ol, cuek nggak mau tau lagi urusan orang lain diFB, sekedarnya saja dia ol hanya untuk menyapa teman-temannya, sudah tak dihiraukan meskipun teman-temen Fbnya banyak yang kangen candanya padahal banyak yang suka dia, dia sudah menutup pintu hatinya dan berusaha melepas belenggu pesona cinta lelaki itu, hanya Tuhan yang tau apa yang dia pikirkan, semoga waktu akan mengubah keadaannya menjadi lebih baik, mewujudkan mimpi-mimpinya jadi nyata, bahagia , tegar dan sehat selalu.dia tidak membenci siapapun, tak sakit hati, tak terpikir untuk membalas nya, dia lebih suka merenung memaafkan, mengasihi, belajar dari pengalaman dia selama di fb. begitu kejamnya engkau memperlakukannya dan memberi harapan palsu padanya

" ce, kamu tau nggak judul lagu ini?, lagunya bang haji, bagus syairnya, tapi aku nggak hapal semua ce, sepotong-potong saja", dia pun menyanyikannya, walau sepotong-sepotong, aku mendengarkannya, coba deh nanti aku cari kasetnya bisikku dalam hati'

bulan
dimanakah kau kini
jangan kau sembunyi
tampakkanlah diri

bintang sepi menyendiri
berselimut sunyi selalu mencari
malam semakin kelam
tanpa kau sang rembulan

bintang sedih bermuram
tanpa kau sang rembulan
bulan dimanakah kau kini
tampakkanlah diri

naluriku berkata bulan masih ada 
dan menanggung rindu dalam penantian
kuyakin bulan juga gelisah merana
dan menanti bintang  dengan penuh damba

bulan .............................bintangpun merindukanmu




semoga olive dikuatkan hatinya diberi ketabahan dan kesabaran, segera menemukan tambatan hatinya walaupun aku tau dia begitu berharap bisa bertemu dan masih mencintai kekasih mayanya, semoga Tuhan membuka pintu hatinya kembali meskipun aku tau dia bukan orang yang mudah jatuh cinta apalagi dengan kejadian ini rasanya sulit dan segera menikah mengingat umurnya dia boleh dikatakan terlambat dibanding teman-temannya, dia memang orangnya cuek jadi selama ini dia tidak pernah menggubris omongan-omongan tentang dia,  orangnya santai , taat beragama, sabar, penyayang, cenderung mengalah, ikhlas menerima setiap cobaan, dia selalu berkata "Tuhan tahu yang terbaik untukku", itu yang kusuka darinya selalu optimis meskipun kadang banyak cobaan, dia selalu melalui dengan berbesar hati, lapang dada, semoga tak ada lagi orang yang menyakiti hatinya lagi, dia bagai kristal, harus hati-hati memperlakukan hatinya, apalagi urusan cinta.jangan coba-coba!



Yaa,,,tetaplah tersenyum, teruslah semangat dalam menjalani hari-hari mu, sukses, disayang Tuhan, teman, sahabat dan kerabat, semoga engkau cepat bertemu jodohmu, bisik lirih dalam hati melihat dia di kejauhan  melambaikan tangannya mengajakku bergabung dengannya yang asyik bermain air pemandian alam. aku membalas lambainnya sambil tersenyum dan beranjak menghampirinya. berharap semoga mendung segera berlalu , matahari menampakkan cahayanya menghangatkan hati dan isi bumi

banyak pelajaran  berharga yang bisa aku petik dari pengalaman oliv,cinta tak mengenal tempat , terkadang disaat kau begitu mencintai seseorang, bahkan begitu yakin dan percaya kepadanya, saat itu juga kau harus rela disakiti, ikhlas dikecewakan dan menyadari arti kehilangan.



PS:
untukmu Dwi Dias Astuti dalam "kenangan terindah"

2 komentar:

  1. hahhahahahhah tentu itu bukan aku kan?

    BalasHapus
  2. bukanlah, tak hanya kamu saja yg pnya crta cinta tak berbls, msh bnyk yg lainnya, termsk aku hehehe

    BalasHapus