Minggu, 06 Januari 2013

BELAJAR MEMBATIK

Batik adalah warisan budaya Indnesia yang sudah diakui dunia, dimana-mana banyak kita jumpai batik mulai dari baju, asesoris, tas dll, indah bukan? Harga kain batik mulai dr harga yang puluhan ribu hingga jutaan rupiah,,hmm benar-benar fantastic, kebanyakan orang berdecak kagum,,selain rasa kagum yang terlintas dibenak adalah pasti sulit proses pembuatannya dan dilakukan oleh orang2 yang profesional dibidang batik menbatik dan dilakukan dgn sepenuh hati.
Berangkat dari keingin tahuan cara membatik dibantu teman yg kebetulan mengajar membatik disebuah sekolah kejuruan , sayapun
 membeli semua perlengkapan mulai dari canting, malam (lilin), wajan kecil plus kompor kecil, kain dll.
Proses pertama adalah menggambar pola diatas kain, baru deh menggunakan lilin yang sdh dipanaskan diwajan hingga mencair,,barulah mulai menggerakkan canting diatas pola, auw panas ,,ternyata salah satu jari tanganku kena tetesan lilin. Saya lanjutkan hingga selesai walaupun disana sini banyak tetesan lilin maklumlah BARU BELAJAR!!setelah semua selesai barulah pewarnaan, penjemuran. TERNYATA TAK SEMUDAH YANG AKU BAYANGKAN. Mungkin inilah cara bagaimana kita bisa menghargai warisan budaya nenek moyang dan bangga dengan produk- produk Indonesia yang tak kalah hebatnya dengan produk luar. Itulah batik karya saya, meskipun jauh dari kata sempurna tapi sangat memuaskan,,dan menyenangkan.

3 komentar: